Wednesday 17 December 2008

Asuransi Bagus atau Tidak

oleh: Ahmad Gozali, pernah dimuat di Wanita Indonesia No 958, 2008

Tanya:
Mas Gozali, saya seorang ibu rumah tangga. Saya ingin sekali memberikan yang terbaik untuk anak-anak saya, karena itu saya ikut asuransi prudential, tapi suami saya tidak percaya. Yang ingin saya tanyakan, asuransi ini bagus atau tidak, dan apakah ini termasuk jenis investasi atau bukan?

Jawaban:
Apa yang Anda lakukan sebetulnya sudah bagus, dimana Anda memiliki kepedulian terhadap kepastian dana pendidikan anak-anak Anda. Dan Anda wujudkan hal itu dengan cara ikut program asuransi.

Sayang sekali Anda tidak menjelaskan seperti apa asuransi yang sudah Anda ambil. Karena bagus atau tidaknya program asuransi tentu harus dilihat terlebih dahulu perlindungan apa saja yang diberikan, seberapa besar uang pertanggungannya, dan berapa asumsi manfaat yang akan diterima kelak. Jangan asal punya asuransi aja, tapi perlu diperhatikan apakah asuransinya sudah tepat atau belum. Saya tidak tahu persis seperti apa asuransi yang Anda ambil, tapi sepertinya ini adalah asuransi dengan investasi sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyiapkan dana pendidikan anak atau lainnya.

Coba cek kembali dalam polis siapa nama tertanggung-nya, pastikan bahwa nama tertanggung adalah pencari nafkah dalam keluarga. Jika Anda tidak bekerja, maka namanya haruslah nama suami Anda. Jika Anda berdua sama-sama bekerja, maka keduanya sebetulnya perlu asuransi untuk berjaga-jaga. Kalau belum tepat, Anda bisa segera merubah nama dalam polis tersebut.

Lihat juga berapa uang pertanggungan yang diberikan jika terjadi musibah, dan musibah apa saja yang ditanggung. Untuk musibah kematian, pastikan jumlahnya adalah sekitar 100 kali sampai dengan 200 kali lipat dari nafkah keluarga yang ditinggalkan. Kalau masih kurang, Anda bisa tambah dengan asuransi jiwa murni.
Untuk meyakinkan suami Anda, mungkin perlu lebih jelas alasan kenapa ia tidak percaya. Apakah ia tidak percaya bahwa asuransi bisa memberikan proteksi finansial jika terjadi musibah, atau tidak percaya dengan hasil investasi dari asuransi? Seringkali sikap negative ini karena pengalaman sebelumnya dimana ia pernah melihat asuransi yang tidak memproteksi suatu musibah atau hasil investasi yang kurang memuaskan. Untuk itu, pastikan bahwa Anda mengikuti semua ketentuan yang ditetapkan dalam polis agar asuransi Anda betul-betul efektif dan tidak gagal.

Salam. (Ahmad Gozali - Perencana Keuangan)

Anda punya pertanyaan tentang asuransi? atau punya pengalaman negatif tentang asuransi?

0 Comments: